Pemdes Pematang akan Kelola Air Bersih Menjadi Air Mineral Kemasan

indonesiasatu, 26 Mar 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

LABURA - Pemerintah Desa (Pemdes) Pematang,Kecamatan NA IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) saat ini mulai memperbaiki sektor ekonomi masyarakat  pasca banjir bandang yang menimpa beberapa bulan lalu yang telah meluluh lantakkan pemukiman warga dan fasilitas umum. 

Tofografi daerah yang sebahagian besar dataran tinggi yang nerbukit itu memiliki potensi alam yang sangat apik apa bila dikelola menjadi daerah wisata alam yang asri.

Selain memiliki sumber daya alam yang banyak seperti halnya batu dan lain-lainnya,daerah itu memiliki sumber mata air alami dari dataran tinggi yang konon kabarnya tidak pernah kering walau pada musim kemarau panjang.

Melihat potensi yang ada didaerah tersebut,Kepala Desa Pematang 
Pangaduan Munthe akan mengelola air bersih tersebut melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) menjadi air mineral dalam kemasan baik gelas maupun botol.

"Sumber mata air Aek Napompar dapat kita kelola menjadi air mineral dalam kemasan gelas dan  botol. Hal itu tentunya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setidaknya usaha itu nantinya akan menyerap tenaga kerja yang notabene adalah masyarakat Desa Pematang,"ujar Pangaduan kepada INDONESIASATU.CO.ID Kamis (26/3).

Menurutnya, dibentuknya BUMDes "Satahi" di Desa Pematang nantinya akan mengelola usaha air mineral kemasan itu didanai dengan anggaran  Dana Desa (DD) yang akan dialokasikan sebagai modal awal BUMDes.

"Tentunya harapan kita,masyarakat tidak perlu lagi beli air mineral kemasan baik kemasan gelas maupun botol yang dibeli dari luar.Saya mendorong agar masyarakat dan juga perusahaan-perusahaan yang ada dapat membeli air mineral dari BUMDes Satahi," pintanya.

Ditempat terpisah,salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan NA IX- X Zulkifli Ritonga mengatakan, kehendak masyarakat Desa Pematang sepertinya bakal terwujud, karena uji laboratorium dari Dinas Kesehatan telah keluar.

Artinya masyarakat Desa Pematang melalui BUMDes dapat memanfaatkan air tersebut menjadi air mineral kemasan, dan secarara ataumatis berdampak kepada peningkatan perekonomian masyarakat.

"Saya atas nama masyarakat sangat mendukung upaya Pemdes Desa Pematang untuk mendirikan depot usaha air mineral kemasan, yang secara nyata akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).PAD meningkat pembangunan akan merakyat,"ujar Zulkifli mengahiri.(Jamil).

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu