Batik Mande Rubiah Asal Pessel Terkenal Sampai ke Luar Negeri

indonesiasatu, 10 Mar 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PESSEL-Batik  Mande Rubiah asal Kecamatan Lunang selalu melakukan inovasi, dimana hasil olahan batik dirubah menjadi aneka kerajinan diantaranya sepatu, tas, selendang hingga pakaian. Hal ini dilakukan untuk menambah nilai ekonomi dan nilai jualnya

Pelopor Batik Mandeh Rubiah, Dewi Hapsari K, A.Md., Senin (9/3) mengaku usaha batik telah menjadi usaha yang menjanjikan karena pakaian batik telah menjadi pakaian resmi baik di kantor, instansi pemerintah hingga perusahaan swasta. Omsetnya pun juga cukup menjanjikan, setiap bulannya  usaha ini mampu menghasilkan ratusan potong pakaian yang bahan dasarnya adalah dari batik yang diminati berbagai konsumen baik luar maupun di dalam Pesisir Selatan.

"Karena itulah berbagai olahan batik yang dihasilkan dan diinovasikan dengan berbagai aneka kerajinan. Ini sengaja dilakukannya untuk meningkatkan nilai jual dan ekonomi," ujarnya  

Senada disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni mengungkapkan batik yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan sudah dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat di Sumatera maupun luar Sumatera seperti Jakarta hingga luar negeri. Karena itulah batik Mande Rubiah ini menjadi salah satu produk andalan  masyarakat Pesisir Selatan.

Menurut Lisda, nama Batik Mande Rubiah memiliki motif yang cantik terinspirasi dari iluminasi naskah kuno koleksi Rumah Gadang Mande Rubiah. Hasil karya anak nagari menggunakan pewarnaan alami yang diproduksi di Kecamatan Lunang.

“Dengan semakin dikenal dan diminati batik asli Pesisir Selatan oleh masyarakat, maka impian kita menjadikan Pesisir Selatan sebagai sentra batik Sumatera Barat akan semakin terwujud,”ucap Lisda.

 Lisda juga menjelaskan bahwa Pesisir Selatan saat ini selain dikenal dengan pariwisatanya, juga sudah dikenal dengan hasil Batiknya, saat ini sudah tiga Kecamatan yang sudah mengembangkan batik asli Pesisir Selatan yakni Kecamatan IV Jurai, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara dan Kecamatan Lunang.***

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu